Akudankotaku | Babershop Sawargi: Tua dan Masih Bertahan karya Arif Sahroni
15758
single,single-post,postid-15758,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,vertical_menu_enabled,qode-title-hidden,side_area_uncovered_from_content,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-7.5,wpb-js-composer js-comp-ver-4.5.3,vc_responsive
Aku dan Kotaku_BDG_AS-012_low

Babershop Sawargi: Tua dan Masih Bertahan karya Arif Sahroni

Kota Bandung identik dengan kota mode dan sesuatu yg berbau vintage, dari mulai mode busana hingga gaya rambut. Dalam era kekinian barbershop merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang di kota Bandung, terutama barbershop dengan gaya retro atau sering disebut gentleman haircut. Di tengah menjamurnya bisnis barbershop kekinian masih ada Barbershop lawas yang masih bertahan, salah satunya barbershop Sawargi yang terletak di Jl. Saad No. 16.

Berdiri sejak tahun 1949, barbershop asgar (asli garut) ini mampu bertahan hingga saat ini dengan mempertahankan gaya konservatif dan ketelatenan dalam memangkas rambut. Para kapster yang bekerja di barbershop Sawargi rata-rata sudah bekerja lebih dari 20 tahun di sana. Saat ini barbershop Sawargi dikelola oleh generasi ke-3 dari para pendirinya.

Selain pengelola yang diwariskan secara turun temurun, para pelanggan setia nya pun mayoritas diwariskan secara turun temurun, dari mulai mereka muda dahulu sampai anak dan cucu nya, mereka percayakan rambutnya dipangkas di barbershop Sawargi. Konsistensi menjaga gaya serta konservatif serta keloyalan para pekerja dan pelanggan setia nya yang membuat barbershop Sawargi masih bertahan dan mampu bersaing hingga saat ini.

Profil Fotografer
Arif Sahroni lahir, besar, menetap, dan berkarir di Kota Bandung sebagai tukang insinyur yang bekerja Senin-Jumat dari pagi hingga sore. Mulai menekuni fotografi pada tahun 2015, berawal karena hobi bepergian dan merasa penting untuk mengabadikannya melalui foto. Pernah mengikuti workshop photobook making yang diadakan oleh Bandung Photography Month 2017 bekerja sama dengan Gueari Galeri. Pengalaman workshop terbaru, menjadi peserta workshop Visual Storytelling Aku dan Kotaku Bandung yang diadakan oleh PannaFoto Institute.

Barbershop Sawargi: Tua dan Masih Bertahan karya Arif Sahroni ini merupakan hasil akhir dari program workshop Aku dan Kotaku Bandung: Melihat, Merasa, dan Merekam Kota yang diselenggarakan pada 4-7 Juli 2018 di Bandung Creative Hub, Bandung, difasilitasi oleh Rosa Panggabean.

No Comments

Post A Comment